Jumat, 02 Desember 2011

Cara menghilangkan luka dan perawatannya

Cara menghilangkan luka dan perawatanya adalah dengan memperhatikan bagaimana perawatan pada saat terjadinya luka dan juga perawatan setelahnya. Kadang kita care terhadap luka kita pada saat jatuh, tersayat, terpukul atau tergores kemudian terluka, setelah itu kita tidak memperhatikan tindakan yang benar dalam perawatanya.

Luka merupakan suatu peristiwa dimana terjadi kerusakan pada struktur atau fungsi tubuh yang diakibatkan suatu paksaan atau tekanan fisik maupun kimiawi. Luka tidak menular tetapi hampir semua orang pernah merasakan luka, hal itu karena banyaknya penyebab terjadinya luka.
Pertolongan pertama pada luka adalah hal yang sangat penting tapi perawatan luka setelahnya juga suatu hal yang harus kita perhatikan. Hal ini berkaitan dengan cepat atau lamanya luka tersebut bisa disembuhkan. Dengan memperhatikan karakteristik dari luka itu sendiri kita bisa melakukan tindakan yang direkomendasikan untuk kesembuhan luka.

Berikut ini Cara menghilangkan luka dan perawatanya yang bisa kita terapkan.

  1. Segera bersihkan luka pada saat terjadi dengan air bersih. Hal ini bisa mengurangi kemungkinan kotoran dan bakteri yang mampir di luka tersebut. Apabila luka jatuh ditempat yang kotor sehingga luka berlumur tanah. Dianjurkan tidak menggunakan antiseptik karena bisa merusak kulit dan membuat luka lebih lama.
  2. Apabila darah mengucur terus segera lakukan tindakan penghentian perdarahan.Luka yang memerlukan tindakan ini adalah luka yang terjadi pada urat darah baik nadi yang tandanya terlihat semprotan atau semburan darah ataupun vena, yang umumnya darahnya mengalir terus. Bila dibiarkan maka korban akan syok. Keadaan seperti ini bisa ditangani dengan berbagai cara seperti menekan bagian yang luka, meninggikan bagian yang luka dari jantung; menekan urat darah besar yang mendarahi daerah luka, bebat di proksimal atau di bagian yang lebih dekat ke jantung.
  3. Tutuplah luka untuk menghindari terkena kotoran atau tergesek dg benda lain dengan kasa atau kain bersih tapi jangan dengan kapas. Kasa dan kain bersih menghisap air hingga kotoran luka terangkat tetapi kapas sebaliknya. Ia tidak menghisap air hingga kotoran luka bertumpuk diatas luka.
  4. Luka bersih yang dirawat dengan benar sebetulnya tidak memerlukan antibiotika kecuali apabila terjadi akibat tusukan benda tajam yang kotor atau berkarat seperti paku dan gigitan binatang termasuk manusia, maka dibutuhkan suntikan anti tetanus.

Demikian Cara menghilangkan luka dan perawatanya yang bisa saya sampaikan, dalam kategori cara menghilangkan luka. silahkan di coba semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar